Kamis, 16 Oktober 2008

Adu Kreativitas Lewat Gemas TIK

. Kamis, 16 Oktober 2008


Banyak ajang buat mahasiswa untuk menuangkan ide-ide kreatifnya agar bisa membumi. Salah satunya lewat "Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi dan Informasi 2008(GemasTIK 2008)" yang akan diselenggarakan selama tiga hari (22-24/10) di IT Telkom.Acara ini digelar berkat kerjasama IT Telkom dengan Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat(P2M) Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal PEndidikan Tinggi(Depdiknas Dikti).


Untuk menggali potensi dan daya kreativitas mahasiswa dari seluruh pelosok Nusantaralah salah satu tujuan Gemas TIK diadakan,ujar Dirjen Dikti,Fasil Jalal.Menurutnya,kreativitas anak bangsa merupakan salah satu modal dan potensi besar bagi kemajuan Indonesia.


GemasTIK 2008,merupakan loncatan besar untuk perubahan bangsa ini,tambah Fasli.Kreativitas yang muncul dalam ajang itu,diharapkan menjadi kekuatan ekonomi baru,sehingga bangsa ini siap bersaing otak di kancah internasional.


Direktur P2M Dikti Prof.Mochammad Munir menambahkan,mahasiswa yang berminat pada Teknologi Informasi dan Komunikasi(TIK),harus tampil pada kompetisi nasional dan internasional."GemasTIK 2008 diharapkan dapat membuktikan bahwa mahasiswa Indonesia tidak kalah inovatif dengan mahasiswa luar negeri," ujarnya


Tujuh kategori kompetisi akan digelar di acara dengan tema"Inovasi TIK untuk Meningkatkan Daya Saing dan Martabat Bangsa" ini,yaitu Smartware Contest,Logic Contest(Algorithm),Logic Contest(Data Mining),Logic Contest(Network),Application Contest,Business Game, dan Paper Contest.


Ketua Pelaksana GemasTIK 2008,Ir.Wiyono,MT, berharap, event yang kali pertama diselenggarakan ini bisa semegah PIMNAS. Menurutnya,target perserta acara bergengsi itu tiga ribu mahasiswa dari berbagai jurusan. Dewan juri berasal dari UI,ITS,ITB,dan PT Telkom, dengan Ketua Dewan Juri Prof.Dadang Gunawan. Bagi pemenang akan diberikan beasiswa S2 dan S3.


Selain kompetisi,diajang ini juga digelar Seminar Nasional TIK bertajuk "Peran TIK dalam Meningkatkan Daya Saing Ekonomi Nasional", pada 23-24 Oktober 2008. Seminar mengundang pembicara dari kalangan industri,pemerintah dan para ahli dari luar negeri seperti Malaysia dan Singapura. GemasTIK juga menggelar pameran teknologi,produk,hasil karya, dan inovasi,juga temu bisnis yang melibatkan karya para finalis,industri,institusi pendidikan, dan lembaga pemerintahan yang bergerak di bidang TIK. -4dm1n-


http://ittelkom.ac.id/index.php?id=257&no=296

www.gemastik.com

0 komentar:

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com