Sabtu, 23 Agustus 2008

Meniti Sukses Melalui PERSONAL GOAL SETTING

. Sabtu, 23 Agustus 2008


Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan oleh CDC IT Telkom, sekitar 430 sampel mahasiswa IT Telkom 2006 teridentifikasi adanya masalah pada mereka. Dua masalah besar yang dihadapi mereka yaitu ketidakmampuan dalam mengelola diri (35%) dan permasalahan perkuliahan/akademis (30%). Sekitar 49% dari hasil survey terlihat bahwa walaupun sebenarnya mereka memiliki time schedule, namun mereka kesulitan untuk merealisasikannya.

Personal Goal Setting merupakan program pengembangan softskill tahap awal yang bertujuan agar mahasiwa menyadari profil dirinya, mampu mengidentifikasi tantangan dan peluang yang dihadapi, mampu menetapkan sasaran jangka panjang dan merumuskan rencana umum pengembangan dirinya, dan mampu menerapkan sebagian dari rencana tersebut, khususnya pada tahap awal guna meniti kesuksesan di masa depan.

Ada empat langkah pelaksanaan program Personal Goal Setting ini, yaitu psikotest yang berfungsi mendapatkan profil psikologis mahasiswa, seminar yang berfungsi untuk memotivasi pentingnya pemahaman tentang diri dan memiliki rencana untuk mengembangkan diri, workshop berfungsi memberikan pelatihan cara membuat langkah-langkah personal goal yang efektif, dan counseling yang berfungsi mengontrol dan membimbing mahasiswa dalam proses pengimplementasiannya.

Dari keseluruhan proses tersebut, terlihat perubahan yang cukup signifikan pada mahasiswa dalam memanajemen dirinya di lingkungan akademis dan non akademis. Dari 200 sampel mahasiswa, 74% -nya mengaku telah memahami profil dirinya, 64% telah berhasil mengindentifikasi tantangan dan peluang, 58% diantaranya dapat membuat rencana jangka pendek dan panjang dan 53% dari mereka berhasil merealisasikan rencananya. Jadi dapat disimpulkan, proyek Personal Goal Setting ini telah berhasil membuat mahasiswa sadar akan profil dirinya dan mampu mengelola diri demi mencapai kesuksesan di masa depan.

Keterangan : Dengan judul ini pula IT Telkom berhasil meraih kesuksesan ganda. Sukses menjadi finalis PKMI PIMNAS di UNISSULA, Semarang 15-19 Juli 2008. Sukses yang kedua,program Personal Goal Setting ini merupakan salah satu PHK (Program Hibah Kompetisi) dan satu-satunya dari IT Telkom yang dibiayai oleh DIKTI.

www.infocomcareer.com

0 komentar:

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com